Senin, 24 Mei 2010.
main catur tidak membosankan..???

Catur identik dengan olah raga yang sangat melelahkan, lelah bukan dalam lelah fisik, tapi lelah psikis dan pikiran. Orang yang malas berpikir jelas tak akan betah untuk bermain catur. Tapi ada juga orang yang rela duduk berjam-jam untuk bermain catur, memang apa sih sisi keasyikan dari catur itu sendiri?

Permainan catur sudah sejak ada sejak abad ke-6, bahkan ada yang menyebut permainan catur sudah dikenal sejak 700 tahun sebelumnya di Negara China. Yang abad ke-6 itu adalah saat catur mulai populer di India dengan nama Chaturanga, namun bukti permainan catur berasal dari India tidak bisa diperkuat dengan bukti sejarah lainnya.

Dan pada abad ke-6 juga permainan catur mulai disebarkan di seluruh dunia. Permainannya pun mulai dikembangkan saat permainan catur mulai masuk Eropa sekitar abad ke-10, catur yang pada awalnya hanya terdiri dari 4 buah pemain (raja, kuda, gajah dan benteng) dikembangkan dengan bentuk papan catur yang hitam putih, dan peraturan pion yang boleh maju dua langkah saat awal serta Queen yang bebas bergerak ke arah manapun.

Seperti kebanyakan olah raga lainnya, catur dikenal di Indonesia saat penjajahan Belanda. Dan kini catur telah diterapkan sebagai kurikulum di hampir 30 negara, begitu hebatkan pengaruh catur?

Apa Sih Asyiknya Main Catur??

Kembali ke masalah keasyikan permainan catur, mungkin bagi orang awam yang terlalu freaky masalah catur terbesit pertanyaan dalam hatinya, apa enaknya permainan catur itu? Berikut ini beberapa sisi lain dari catur yang dirangkum dari berbagai sumber:

Catur melatih kita untuk lebih percaya diri, sabar, ketrampilan berstrategi, serta pengambilan keputusan yang tepat dan terbatas oleh waktu. Seperti yang kita tau, setiap langkah dalam catur pasti ada perhitungannya, kenapa orang melakukan ini dan itu, sang lawan pun akan mencoba menebak stategi kita dan kembali berstrategi dengan berbagai macam kemungkinan.

Dalam seberapa banyak pun permainan catur, maka hampir tidak ada satu permainan yang sama persis tiap langkahnya. Di sini sisi baiknya adalah terciptanya ide dan kreativitas dalam setiap permainan.

Permainan catur juga memiliki beberapa filosofi hidup. Kita tau bahwa permainan catur adalah miniatur Negara, ada raja, ratu, dan pion yang diibaratkan sebagai rakyat biasa. Nah, di sini filosofinya adalah jangan pernah meremehkan orang lain, siapapun itu. Kadang pion juga bisa men-Skak Mat musuh raja, kan? Itulah kira-kira filosofi dalam kehidupan.

Catur melatih kita untuk fokus dan berkonsentrasi dalam sepanjang permainan. Ketika kita ceroboh dan salah langkah akibat tidak memperhatikan permainan maka bisa merusak strategi yang kita buat

Catur meningkatkan fungsi kognititif, kecerdasan/IQ, daya ingat dan logika. Jadi selain bermain TTS, catur juga bisa menghindari pikun.

Catur berguna bagi anak-anak untuk melatih kecerdasan mereka. Bahkan anak yang kecerdasannya rendah pun bisa diterapi dengan bermain catur, dengan catur ini anak tersebut akan meningkatkan kemampuan untuk mempelajari bahasa, membaca, dan berhitung.

Tak seperti olah raga lain, Catur mengandalkan kemampuan otak daripada otot. Kalau kasusnya seperti ini, laki dan perempuan bisa bertanding kan? Asyik juga kayaknya….

sumber : www.balipost.co.id

3 Comentários:

Aang Bonek Mania mengatakan...

yoiiiiiiii......
but duduk2 dirumah ama minum kopi

toffan cute abiez mengatakan...

ok gue stuju karena main catur adalah permainan yg santai tp memacu pikiran.

Aang Bonek Mania mengatakan...

tapi melelahkan untuk berfikir
hehehe............

Posting Komentar

 
maen catur © Copyright 2010 | Design By Gothic Darkness |